Pages

Peran Guru Dalam Mencegah Terjadinya Kenakalan Siswa

Kenakalan siswa di lingkungan sekolah adalah suatu kenyataan yang tak dapat disangkal, sudah barang tentu memerlukan perhatian, karena banyak kejadian yang telah menjurus ke arah penyimpangan dari norma-norma dan tata tertib serta melakukan pelanggaran-pelanggaran terhadap aturan-aturan yang ada di tempat di mana mereka sekolah, diantaranya: bolos sekolah, tidak memakai seragam sesuai aturan, melalaikan tugas dan kewajiban, mencorat-coret dinding sekolah, perkelahian antar pelajar, sampai-sampai kepada melecehkan guru yang sedang mengajar.

Hal semacam di atas tadi tentu tidak bisa dibiarkan sebab akan menimbulkan tindakan di luar batas kewajaran seorang siswa. Sedangkan sekolah itu sendiri merupakan sub sistem dari pendidikan nasional yakni sebagai pendidikan formal yang bertujuan membina anak didik dalam mengembangkan kemampuan dan kepribadian ke arah yang lebih baik. Untuk tercapainya tujuan tersebut sangat diperlukan adanya peran guru dalam mencegah terjadinya kenakalan siswa di lingkungan sekolah tempat mereka belajar, karena pada dasarnya guru berfungsi sebagai penyuluh dan pembimbing kearah masa depan yang lebih baik serta penggerak kearah kemajuan.

Seorang guru berperan sebagai penyuluh dan pembimbing dalam arti bahwa guru mempunyai tugas mengisi kesadaran siswa, membina mental, membentuk moral serta memberikan motivasi atau dorongan belajar sehingga anak didik (murid) mampu mengembangkan segala potensi dan kepribadian yang dimilikinya.
print this page Cetak halaman ini
Untuk berlangganan artikel, masukan email anda disini :



0 komentar:

Poskan Komentar

Silahkan berkomentar, mohon untuk tidak meninggalkan spam!!

Next Prev home