Pages

Alat Pendidikan; material dan non material

Alat Pendidikan Material 

Alat pendidikan material atau benda terdiri dari sarana dan prasarana. Prasarana adalah semua alat bantu pelajaran yang sifatnya tidak langsung. Sedangkan sarana adalah alat bantu pelajaran yang langsung dapat dipakai pada waktu interaksi belajar-mengajar sedang berlangsung. Sarana terdiri dari: alat berat "hardware" seperti mesin, bahan pelajaran yang berupa kayu dan  juga alat ringan "software" seperti; pemisah buku dan alat pelajaran yang berupa bahan pelajaran atau tugas seperti; kertas untuk bekerja dan lembar penilaian dalam sistem modul.

Prasarana sebagai alat pendidikan berkaitan dengan lingkungan fisik tempat belajar. Meskipun tidak berpengaruh langsung tetapi mempunyai pengaruh penting terhadap hasil pembelajaran. Lingkungan fisik yang menguntungkan dan memenuhi syarat minimal dapat mendukung miningkatnya intensitas proses pembelajaran dan mempunyai pengaruh positif terhadap pencapaian tujuan pengajaran. Lingkungan fisik yang di maksud meliputi:

1. Ruangan / Kelas
Ruangan kelas tempat belajar harus memungkinkan semua siswa bergerak leluasa, tidak berdesak-desakan dan saling mengganggu antara siswa yang satu dan yang lainnya pada saat melakukan aktifitas belajar.

2. Pengaturan tempat duduk
Dalam mengatur tempat duduk, yang terpenting adalah memungkinkan terjadinya tatap muka. Dengan demikian, guru dapat mengontrol tingkah laku siswa.

3. Ventilasi dan Pengaturan cahaya
Ventilasi harus cukup menjamin kesehatan siswa.

4. Pengaturan penyimpanan barang-barang
Barang-barang hendaknya disimpan pada tempat khusus yang mudah dicapai saat diperlukan.

Alat Pendidikan Non Material

Alat pendidikan non material berbentuk perbuatan/ tindakan yang dipergunakan pendidik untuk kepentingan proses pendidikan. Memilih perbuatan/ tindakan yang tepat, tergantung kecakapan pendidik. Artinya, pendidik perlu memahami kondisi dan masalah yang dihadapi peserta didik di kelas.
_________________________________
Pustaka: Bahan Belajar Mandiri. Pedagogik. UPI Press
print this page Cetak halaman ini
Untuk berlangganan artikel, masukan email anda disini :



0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar, mohon untuk tidak meninggalkan spam!!

Next Prev home