Pages

Proses Sosial dan Interaksi Sosial

Proses sosial terjadi ketika individu-individu dan kelompokkelompok saling bertemu dan berinteraksi. Interaksi sosial menyebabkan adanya proses sosial suatu masyarakat. Proses sosial menyebabkan munculnya perubahan dan perkembangan dalam masyarakat.

Sebagai makhluk sosial manusia memiliki hasrat untuk berkomunikasi, bergaul dan bekerjasama dengan orang lain. Karena itu, interaksi dengan orang lain merupakan kebutuhan mendasar yang muncul dari dalam diri manusia itu sendiri.

Pengertian Interaksi Sosial

Secara etimologis, interaksi berasal dari kata inter yang artinya berbalas-balasan dan aksi artinya tindakan. Jadi, interaksi berarti tindakan berbalas-balasan. Interaksi sosial merupakan hubungan sosial yang dinamis antarindividu, antar individu dengan kelompok dan antarkelompok.

Dalam interaksi sosial individu atau kelompok dapat bekerja sama atau berkonflik. Interaksi dapat dilakukan secara langsung dan tdak langsung.

Ciri-ciri interaksi sosial menurut Charles P. Loomis:

a. Jumlah pelaku lebih dari satu orang.
b. Komunikasi antarpelaku menggunakan simbol dan lambang.
c. Adanya dimensi waktu masa lalu, masa kini dan masa mendatang.
d. Ada tujuan yang hendak dicapai.

Syarat Terjadinya Interaksi Sosial

Menurut Soerjono Soekamto (1994:71), interaksi sosial terjadi karena terpenuhinya dua syarat yaitu kontak sosial dan komunikasi.

a. Kontak sosial
Dalam sosiologi kontak sosial dapat terjadi dengan atau tanpa hubungan fisik. Kontak sosial dengan hubungan fisik contohnya ketika orang menepuk pundak orang yang kita sapa. Kontak sosial tanpa hubungan fisik contohnya komunikasi melalui telepon, email dan lain-lain.

b. Komunikasi
Komunikasi memuat komponen-komponen sebagai berikut:
1. Komunikator
2. Komunikan
3. Pesan
4. Media
5. Efek
print this page Cetak halaman ini
Untuk berlangganan artikel, masukan email anda disini :



0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar, mohon untuk tidak meninggalkan spam!!

Next Prev home