Pages

Awal Mula Kedatangan Bangsa Belanda dan Inggris di Indonesia

1.  Kedatangan Bangsa Belanda di Indonesia

Cornelis de Houtman
Pada awalnya, bangsa Portugis berusaha merahasiakan rute perdagangan ke Benua Asia. Namun, rute itu dibocorkan seorang Belanda yang ikut dalam pelayaran perdagangan yaitu Jan Huygen Van Linschoten. Ia menerbitkan catatan perjalanannya berjudul “Catatan Perjalanan ke Timur atau Hindia Portugis” (Itinerario neat Oost ofte Portugaels Indien). Buku itu dilengkapi peta-peta, gambaran wilayah dan jenis barang yang diperdagangkan. Berdasarkan buku itulah pelayaran dagang Belanda menuju Asia tahun 1595 dilakukan.

Pelayaran ini terdiri dari 4 kapal yang dipimpin oleh Cornelis de Houtman berhasil mengangkut rempah-rempah menyebar dengan cepat ke seluruh negeri Belanda. Sejak itulah pelayaran dagang bangsa Belanda berdatangan ke Indonesia.

2.  Kedatangan Bangsa Inggris di indonesia

Tahun 1600, Ratu Elizabeth I dari Inggris merintis pelayaran dagang ke dunia timur. Untuk itu, Ratu Elizabeth I memberi hak kepada Maskapai Hindia Timur (The East India Company atau EIC) berpusat di India untuk berlayar ke timur. Armada pelayaran dagang tersebut dipimpin oleh Sir James Lancaster. Mereka berhasil pulang ke Inggris dengan membawa banyak rempah-rempah.

Pelayaran dagang berikutnya dipimpin oleh Sir Henri Middleton tahun 1604 dan berhasil mendarat di Ternate, Tidore, Ambon dan Banda, di Maluku. Namun, Inggris mendapat saingan dari Portugis yang terlebih dahulu ada di sana. Untuk menghindari persaingan itu, pelayaran dagang Inggris berusaha mencari rempah-rempah di pelabuhan lain seperti Sukadana (Kalimantan Barat), Makasar, Jayakarta, Jepara, Pariaman, Jambi dan Aceh.

Tahun 1811, pasukan Inggris menyerang wilayah yang dikuasai Belanda. Belanda tidak dapat berbuat banyak dan menyerahkan wilayah-wilayah yang dikuasainya. Thomas Stamford Raffles pun diangkat sebagai gubernur jendral di Hindia Belanda. Namun berdasarkan Perjanjian London tahun 1815, Inggris harus mengembalikan Hindia Belanda ke Pemerintahan Belanda tahun 1816.
print this page Cetak halaman ini
Untuk berlangganan artikel, masukan email anda disini :



0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar, mohon untuk tidak meninggalkan spam!!

Next Prev home