Pages

Awal Mula Kedatangan Bangsa Spanyol dan Portugis di Indonesia

1.      Kedatangan Bangsa Spanyol di Indonesia

Columbus
Tahun 1492, Columbus memulai misi penjelajahan untuk menemukan Kepulauan Hindia yang dikenal  sebagai daerah penghasil rempah-rempah. Ketika mendarat di sebuah daerah (yang kini dikenal sebagai Kepulauan Bahama di Benua Amerika), Columbus mengira telah mencapai Kepulauan Hindia. Daerah tersebut selanjutnya dianggap sebagai daerah jajahan Spanyol. Misi pun diteruskan sampai Meksiko.

Tahun 1512, armada Spanyol di bawah pimpinan Sebastian Del Cano mendarat di Maluku dan banyak membeli rempah-rempah. Rempah-rempah itu dibawa ke Spanyol dengan kapal Victoria. Berita keberhasilan Sebastian Del Cano menemukan sumber rempah-rempah menjadi perbincangan luas di spanyol. Sejak saat itu, kapal-kapal Spanyol berduyun-duyun datang ke Maluku.

Selain misi ekonomi, penjelajahan bangsa Spanyol juga membawa misi untuk menyebarkan agama Katolik. Seorang pastor bernama Franciscus Xaverius menyebarkan agama Katolik di Ambon, Ternate dan Moratai. Namun keberadaan Spanyol di Maluku tidak berlangsung lama karena Portugis terlebih dahulu menguasai Kepulauan Maluku.

2.      Kedatangan Bangsa Portugis di Indonesia

Pelayaran bangsa Portugis dipimpin oleh Bartholomeus Diaz, berhasil mencapai Tanjung Harapan (Cape of Good Hope) di ujung selatan Benua Afrika.

Pelayaran berikutnya dipimpin oleh Vasco da Gama yang mendarat di Calicut, India tahun 1498. Dari India, Portugis mengirim misi ekspedisi pelayaran ke timur tahun 1510 dibawah pimpinan Alfonso de Albuequerque.

Ketika tiba di Goa, ia mendapat kabar dari pedagang Gujarat dan Arab tentang kekayaan Malaka. Mendengar berita tersebut, Alfonso de Albuequerque pun menyerang Malaka dan berhasil menguasainya tahun 1511. Portugis meneruskan perjalanan ke timur di bawah pimpinan Francisco Serro. Akhirnya bangsa Portugis sampai di Ternate, Maluku tahun 1512.

Setelah menguasai Malaka dan Maluku, Portugis melebarkan sayapnya ke pulau Sumatra yang kaya lada. Namun upaya tersebut kurang berhasil karena terhalang oleh Kerajaan Aceh yang mendominasi jalur perdagangan lada di Sumatra. Portugis juga ingin melebarkan sayap perdagangannya ke Pulau Jawa. Mereka berhasil menjalin hubungan dagang dengan Blambangan, Pasuruan dan sekitarnya.
print this page Cetak halaman ini
Untuk berlangganan artikel, masukan email anda disini :



6 komentar:

[ReZpEcT_4_YoU] mengatakan...

makasih ya kk......

Jon Milan's mengatakan...

Sama2, met belajar...

Blog Soal Dan Jawaban mengatakan...

Terima kasih. sangat membantu. silahkan kunjungi juga www.blogsoaljawaban.blogspot.com untuk mendapatkan soal-soal maupun jawaban untuk pelajaran SMP dan SMA

Anonim mengatakan...

Terima kasih :3

Intan Pertiwi mengatakan...

Artikelnya bermanfaat kak, ini saya juga punya artikel tentang 4 Masa Penjajahan Negara Asing di Indonesia, Lengkap dengan Masa Penjajahan Bangsa Portugis, Spanyol, Belanda dan Jepang, semoga dpt saling melengkapi

4 Masa Penjajahan Negara Asing di Indonesia (Lengkap Sejarahnya)

Muttaqin mengatakan...

Berkaitan dengan perjanjian saragosa itu seperti apa ya?

Posting Komentar

Silahkan berkomentar, mohon untuk tidak meninggalkan spam!!

Next Prev home